Rabu, 06 Juni 2012

Survey Online "Peran PAUD bagi anak usia dini"


Asalamualaikum Wr.Wb
  Untuk memenuhi tugas yang di berikan pada mata kuliah Psikologi Pendidikan yang berhubungan dengan Survey online,saya membuat Survey Online yang berjudul
‘’Peran PAUD Bagi Anak Usia Dini” Yamg bertujuan agar saya mengetahui seberapa besar peran PAUD bagi Anak Usia Dini.
Dimana tepatnya tanggal 27 mei 2012 saya membuat Survey Online.Dan di bawah ini merupakan hasil dari Survey Online saya  yang terdiri dari 6 pernyataan dan di isi oleh 62 responden,sebagai berikut:
Hasil Survey Online Berkaitan Peran PAUD Bagi Anak Usia Dini

Strongly Agree
Agree
Neutral
Disagree
Strongly Disagree
Responses
Total
1.Di zaman sekarang ibu lebih banyak waktu di luar rumah daripada mengasuh anaknya di rumah.
4
29
22
6
1
62
17%
2.PAUD merupakan salah satu tempat yang efektif untuk menitipkan anak.
7
29
16
9
1
62
17%
3.Anak di usia dini lebih bail belajar di bandingkan bermain.
0
5
16
29
12
62
17%
4.Masa anak-anak bermain akan tergangu bila pada usia 3-5 jika sudah masuk PAUD
1
5
32
21
3
62
17%
5.Guru bagi anak-anak usia dini harus jadi fasilitator.
6
43
7
5
0
61
16%
6.Perkembangan anak terhambat bila tidak memasuki PAUD
0
5
22
29
6
62
17%

Kesimpulan:
  Dari Survey Online yang saya buat dan dari 62 responden,saya mendapatkan hasil bahwasanya :
  1.  (29) respondense lebih memilih ‘’setuju’’ bahwa di zaman sekarang ibu lebih banyak waktu di luar rumah daripada mengasuh anak di rumah.
 2. (29) respondense ‘’setuju’’bahwa PAUD merupakan salah satu tempat yang efektif untuk menitipkan anak.
3.  (29) respondese ‘’ tidak setuju’’bahwa Anak di usia dini lebih baik belajar di bandingkan bermain.
4. (32)respondense ‘’netral’’ bahwa masa anak-anak bermain akan tergangu bila pada usia 3-5 jika sudah masuk PAUD
5. (43)respondense ‘’setuju’’ Bila guru bagi anak-anak usia dini harus jadi fasilitator
6. (29)respondense ‘’setuju’’ bila Perkembangan anak terhambat bila tidak memasukin PAUD.
  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa di zaman sekarang ini seorang ibu lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dibandingkan mengasuh anaknya,di karenakan ibu di zaman yang semakin modern ini lebih banyak memilih berkarier di bandingkan mengasuh anak di rumah.Dimana apa bila seorang ibu sibuk dengan pekerjaannya sendiri mereka lebih memilih menitipkan anaknya di PAUD, karena mereka yakin bahwasanya PAUD merupakan tempat yang efektif untuk menitipkan anak mereka.Walaupun ibu tersebut tidak melihat bahwa usia anak mereka belum dapat di masukan PAUD (Masih terlalu kecil).
  Banyak ibu-ibu juga yang tidak mengetahui bahwa anak pada usia dini itu tidak baik untuk dia ajarkan belajar dan mengurangi waktu bermain mereka,karena masa kanak-kanak merupakan masa dimana mereka senang untuk bermain.Akan tetapi kenyataanya sekarang ibu-ibu sudah banyak yang membawa anaknya ke PAUD dengan usia anak mereka yang masih kecil (3-5 tahun),karena ibu akan merasa senang apabila anak mereka sudah dapat membaca ataupun menghitung pada usia (3-5 tahun).Bukan berarti PAUD hanya berperan negative pada perkembangan anak usia dini,tetapi PAUD juga berperan penting dalam masa persiapan seorang anak untuk belajar  lebih lanjut.Guru-guru PAUD juga dapat menjadi fasilitator untuk anak usia dini.
    Dan bukan berarti anak yang tidak memasuki PAUD akan ada masalah dalam perkembangan mereka.Bahkan banyak anak-anak yang cerdas ataupun berprestasi dalam lingkungan sekolahnya walaupun dia tidak memasuki PAUD.Di zaman saya kecil,orang tua lebih suka memasukan anak mereka langsung ke Sekolah Dasar (SD) karenakan anak mereka sudah dapat menghitung dan membaca secara outodidak(sendiri).



Testimoni
  Pada awal saya di perkenalkan dengan Survey Online saya benar-benar bingung.Dimana laptop saya yang tidak dapat di gunakan karena masalah tehknisi  yang memyebabkan terhambat untuk mengisi Survey Online kakak senior dan saya yang ketinggalan intruksi dari kakak senior yang memandu dalam pengisian Survey tersebut.Akhirnya saya hanya dapat melihat teman di sebelah saya sedang mengisi Survey.
  Lalu beberapa menit kemudian Dosen menuliskan tugas yang membuat saya benar-benar terkejut yaitu membuat sebuah Survey Online yang berkaitan dengan : *Pendidikan
                                                 *Min pertanyaan 5 n Max 10
                                                *Diisi min 50 respondense teman se-angkatan. 
Gimana saya gak terkejut,jangankan membuatnya mengisi survey saja saya belum mengerti.Dan teman-teman saya sudah memulai membuatnya dengan di arahkan kakak senior.Kuliah pendidikanpun selesai dan teman-teman sayapun selesai jugak membuat Survey Online dan sudah memostingnya di group.
  Hati saya sangat takut dan sampai rumah saya membuatnya sendiri lalu berhasil namun temen-temen saya banyak yang tidak mengerti bagaimana cara mengisi Survey Online saya,yang menuntut say untuk membuat Surve baru dengan di ajarkan teman saya.Dan hasilnya ALHAMDULLILAH memuaskan.Karena Survey Online lah saya dapat berguna dan mengetahui pengetahuan sya.
 
‘’Pengalaman dan pengetahuan yang bertambah itulah ilmu yang sesunguhnya..”




Etika Mandasari
11-014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar