Selasa, 04 November 2014

Kalau Masih Bisa Dipakai,, Kenapa Harus Dibuang ?????? Cara Membuat Lampu Hias Kamar!!!!

Assalamualaikum wr. wb Sahabat Kreatif...

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dan hasil kreativitas yang saya buat dari bahan-bahan yang tersedia di rumah, dan bahan-bahan tersebut tidak  berguna / terpakai lagi ...
Awalnya karya ini bermula dikarenakan tuntutan tugas dari salah satu Mata Kuliah Pilihan yang mengharuskan saya membuat satu karya/ produk . Sempat bingung mau buat apa ini!!!! Maklumlah saya selalu menganggap diri saya kurang kreatif dalam penciptaan praKarya. wkwkwkwk. Namun tuntutan terkadang tanpa kita sadari mendorong kita untuk berekspresi...
Sampai saat deadline pengumpulanyapun saya masih belum terpikir mau buat apa nih, lalu pada saat melintas jalan Setia Budi saya melihat banyak orang menjual lampu-lampu hias yang bagus-bagus langsung terlintas di pikiran saya ''Ahaaa" itu terbuat dari benang wol, dan di rumah saya itu banyak banget benang wol punya nenek yang gak kepake, maklum nenek saya suka banget nyulammm dulunya....

Namanya juga manusiakann,, teruss berencana tapii gak dibuat-buat, hahah karena saya juga sibuk sihh, akhirnya pada saat saya magang, di Amplass  (bersama anak Jalanan) saya bawa perlengkapan tersebut dan mengajak anak-anak tersebut untuk membuat lampu kamar tersebutt, Ternyata tanpa saya bayangkannn sebelumnya anak-anak jalan tersebut menikmati dan  saya memberikan pelajaran kepada mereka,. Saya jadi ngerasa nyelam sambil minum air, maksudnya tuhh saya bisa membuat produk kreativitas untuk tugass, dan mengajarkan dan mengasa kreativitas anak-anak Jalanan.. :)

Adapun CARA pembuatanyaaa ........

BAHAN

  • Benang
  • Lem
  • Wallpaper
  • Balon
  • Set lampu
  • Kabel

Cara membuat kerajinan tangan lampu kamar unik:
  1. Tiup sebuah balon dengan ukuran sesuai selera. Balon bisa juga diganti dengan yang lain, misalnya bola pilates, atau bola karet lainnya yang mudah ditiup dan dikempeskan.
  2. Siapkan lem pada sebuah tempat. Jika tidak ada lem, sebagai gantinya bisa digunakan campuran antara tepung dan kanji dengan perbandingan 1:2. Aduklah campuran tepung dan kanji dengan air sampai merata, dan siapkan di dalam mangkok atau wadah.
  3. Siapkan benang berwarna warna sesuka anda. Untuk jenis benangnya bisa dipakai jenis benang apa saja sesuka anda. Bisa benang nilon putih, benang bordir, atau benang rajut warna-warni juga boleh.
  4. Celupkan benang ke dalam wadah lem atau adonan tepung kanji tadi secara hati-hati. Sebaiknya anda jangan asal mencelupkan, karena benang akan kusut dan nantinya akan sangat sulit melepasnya. Gulunglah benang dengan baik, lalu tekan sedikit ke dalam adonan.
  5. Lilitkan benang yang telah diberi adonan lem melingkari balon. Sambil melilitkan benang anda harus memeras benang yang anda lilitkan. Jangan sampai lemnya terlalu banyak menetes di balon, hasilnya akan jelek. Lilitkan benang sebanyak yang anda mau.
  6. Diamkan lilitan balon sampai lem benar-benar kering.
  7. Setelah kering, kempeskan balon, dan keluarkan dari dalan lilitan benang.
  8. Pasanglah lampu ke dalam lilitan (saat melilitkan benang jangan lupa sisakan sedikit lubang untuk memasang lampu.
  9. Jadilah kap lampu unik.

 Terkadang tanpa kita sadari bahwa kita merupakan individu yang kreatif, kreativitas dimiliki tiap orang, dan kreativitas itu bebass.......
Masalah juga bisa menjadi stimuluss untuk memicu kreativitas kita :)
Ayoooo... Gali terus kreativitasmu...Ekspresikan dirimu :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar