Jumat, 11 Mei 2012

Resume about blended learning..

   Disini saya akan menjelaskan beberapa hal yang telah saya ketahui mengenai Blended Learning.Blended Learning adalah sebuah metode pembelajaran dimana blended learning ada di karenakan kemajuan zaman da berkembangnya teknologi.Dan yang paling umum blended learning mengacu pada belajar yang mengkombinasi atau mencampur antara pembelajaran tatap muka (face to face = f2f) dan pembelajaran berbasis komputer (online dan offline).
   Seiring dengan perkembangan dalam teknologi, informasi, dan komunikasi, terutama dalam teknologi jaringan berupa internet, umumnya model-model pembelajaran yang digabungkan itu berupa model pembelajaran face to faceoff-line learning, dan on-line learning. (tatap muka),
  Model on-line learning dapat berupa pembelajaran dengan menggunakan web, blog, e-learning, dan sebagainya. Sedangkan off-line learning dapat berupa pembelajaran dengan menggunakan CD, DVD, dan sebagainya.Dengan Blended learning proses pembelajaran dapat menggabungkan berbagai sumber  secara fisik dan maya (virtual).
  Dan pada umumnya.Blended learning juga sering disebut sebagai campuran(kombinasi dari mata kuliah)misalnya Blended Learning digunakan untuk menggambarkan mata kuliah yang mencoba menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online.



  Perpaduan e-learing dan Blended. Blended Learning:
Blended : campuran, kombinasi yang baik.
Learning : pembelajaran, pengetahuan
Blended Learning  merupakan proses pembelajaran yang memanfaatkan berbagai macam pendekatan. Pendekatan yang dilakukan dapat memanfaatkan berbagai macam media dan teknologi.
 E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Blended learning adalah metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis.



        Proses penggunaan Blanded Learning;
Ø  Aksesibilitas ke perangkat teknologi mudah :
v    Jaringan Internet
v  Perangkat Komputer / Lab / Warnet
v  Perangkat Mobile : hp smartphone
Ø  Pengetahuan dan kemampuan akses teknologi telah merata (pengajar dan siswa)
v  Browse
v  Upload / download.



Beberapa Model dalam Blended Learning :
Ø  Live Event ; Pembelajaran langsung atau tatap muka dalam waktu dan tempat yang sama (classroom) ataupun waktu sama tapi tempat berbeda .
Ø  Self-Paced Learning: Yaitu mengkombinasikan dengan pembelajaran mandiri (self-paced learning) yang memungkinkan peserta belajar belajar kapan saja, dimana saja dengan menggunakan berbagai konten (bahan belajar) yang dirancang khusus untuk belajar mandiri baik yang bersifat text-based seperti (video.dvd,audio,gambar animasi,dll).
Ø  Collaboration : Mengkombinasikan kolaborasi, baik kolaborasi pengajar, maupun kolaborasi antar peserta belajar yang kedua-duanya bisa lintas sekolah/kampus,seperti forum diskusi,chat.blog.dll
Ø  Ferformance Support Materials: Apabila kita ingin mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dalam kelas dan tatap muka virtual, pastikan sumber daya untuk mendukung hal tersebut siap atau tidak, ada atau tidak (WIFI kampus). Bahan belajar disiapkan dalam bentuk digital, apakah bahan belajar tersebut dapat diakses oleh peserta belajar baik secara offline (dalam bentuk CD, MP3, DVD, dll) maupun secara online .















Pendapat saya mengenai metode Blended Learning di kampus…

   Awalnya saya sempat merasakan kewalahan,takut,gak ngerti dll ketika saya harus mengikuti perkuliahan hari ini yang dimulai dengan menggunakan Gtalk.Dimana saya harus mendownload aplikasai dari Gtalk di tambah dengan laptop saya yang sempat mengalami ganguan,dan membuat saya khawatir.Sempat terpikir di hati saya’’Kenapa sih harus belajar pake Gtalk.Kan ribet banget gitu,kewalahan dengan laptop,dan kondisi internet yang saya gunakan”itu yang sempat terlintas pada saya.Blended Learning membuat saya harus benar-benar tahu dan mencari tahu (mandiri).Hal yang gak saya tahupun dapat saya ketahui karena blended learning….
  Dan jujur karena hari ini lah saya tahu belajar dengan menggunakan proses pembelajaran ‘’Blanded Learning’’dan benar-benar menambah wawasan saya.Hasil pembelajaran yang saya dapatkan itu benar-benar gak seperti yang saya pikirkan sebelumya (ngerasa kewalahan).Dan emang bener sih belajar dengan metode Blended Learning itu bener-bener asik karena, merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan daya tarik yang lebih besar dalam berinteraksi antar manusia dalam lingkungan belajar yang beragam terutama kegiatan hari ini di kampus.
   Blended Learning memiliki kesempatan belajar menjadi baik secara bersama-sama dan terpisah, demikian pula pada waktu yang sama maupun berbeda. Sebuah komunitas belajar dapat dilakukan oleh pelajar dan pengajar yang dapat berinteraksi setiap saat dan di mana saja karena memanfaatkan yang diperoleh komputer maupun perangkat lain.Seperi di kampus hari ini menggunakan Gtalk dapat menggunakan:Laptop,Gadget lain seperti (handphone.iphone dll) keren bukan???
    Dan menurut saya di kedepannya Blended Learning ini akan sontrak banyak diggunakan karena beberapa keuntungannya dan kemajuan zaman perang pengajar dlam pembelajaran berbasis blended learning sangat penting dalam mengelola pembelajaran. Yang pasti pengajar harus melek informasi. Di samping memiliki keterampilan mengajar dalam menyampaikan isi pembelajaran tatap muka.
v  Belnded Learning memadukan berbagai metode pengajaran memanfaatkan teknologi.
v  Teknologi virtual yang ada dapat dimanfaatkan untuk proses blended learning.
v  Blended Learning dapat diterapkan secara efektif dengan menyesuaikan kondisi yang disepakati semua pihak.

So,teknologi itu sangat berperan penting dalam proses pembelajaran dan membuat siswa/mahasiswa memahami sesuatu yang tidak perna di ketahui dan menjadikan mereka mandiri…
 Teknologi itu tidak akan berdampak negatif apabila kita tidak menyalahgunakan.Maka,gunakanlah teknologi dengan baik ya...^_^







EtIKA maNdaSaRi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar